Enam tahapan dalam proses perubahan diri.

Perubahan bukanlah peristiwa, tetapi proses. Perubahan terjadi melalui serangkaian tahapan, dan sebagian besar pengubah diri yang sukses gagal setidaknya sekali sebelum mereka berhasil. Kemauan saja tidak akan berhasil.

Anda perlu memahami siklus perubahan, atau Anda berisiko mengganti satu kebiasaan buruk dengan kebiasaan buruk lainnya, seperti yang sering terjadi ketika mantan perokok memuaskan keinginan mereka untuk “sesuatu” dengan makan berlebihan. Keberhasilan bergantung pada memiliki informasi yang benar dan mengetahui cara menggunakannya.

Para peneliti telah mengidentifikasi enam tahapan yang jelas dalam proses perubahan diri yang sukses:

  1. Penolakan
  2. Kesadaran
  3. Persiapan
  4. Tindakan
  5. Pemeliharaan
  6. Penghentian

Bagi kebanyakan orang, proses menghentikan kebiasaan buruk bukanlah jalan lurus yang membawa mereka dari satu tahap ke tahap berikutnya. Pengubah diri yang sukses biasanya mengikuti jalan yang lebih seperti spiral: Mereka bergerak maju, kembali ke tahap sebelumnya, dan melanjutkan ke tingkat komitmen berikutnya satu kali atau lebih sebelum menghentikan kebiasaan untuk selamanya.

Berhenti dari kebiasaan kalkun dingin biasanya tidak berhasil. Jika seseorang belum siap untuk melangkah maju, mendorongnya ke tahap tindakan akan membuatnya merasa gagal saat pertama kali dia tergelincir. Dia mungkin akan menjadi lebih kecanduan pada kebiasaannya daripada sebelum dia mencoba untuk berhenti. Jika dia merasa bersalah dan menyalahkan dirinya sendiri karena gagal menghentikan kebiasaan itu, dia akan merasa lebih sulit untuk membuat komitmen untuk berhenti di lain waktu.

Kami semua telah melihat kasus di dekat rumah. Banyak dari kita pernah mengalami rasa frustrasi karena mencoba menghentikan kebiasaan buruk. Seperti yang dikatakan Mark Twain, “Berhenti merokok itu mudah. ​​Secara pribadi, saya sudah sering berhenti.” Jika kedengarannya tidak asing, laporan ini untuk Anda.

Apapun kebiasaan buruk Anda, Anda mungkin telah mencoba menghentikannya berkali-kali juga. Kali ini akan berbeda, karena Anda akan mengerti bahwa menghentikan kebiasaan Anda adalah sebuah proses, bukan peristiwa. Anda akan memiliki pengetahuan dan kepercayaan diri untuk berhasil kali ini.

Bisakah kamu benar-benar berubah? Bisakah Anda benar-benar membebaskan diri dari kebiasaan buruk? Jutaan orang di seluruh dunia adalah bukti nyata bahwa Anda bisa. Panduan ini akan menunjukkan caranya. Tetapi seperti Alice, untuk mencapai tujuan Anda, Anda perlu tahu ke mana Anda ingin pergi. Bagi banyak orang, itu adalah bagian tersulit. Seperti David, mereka terjebak.

Membebaskan diri Anda dari kebiasaan buruk dimulai dengan melepaskan penutup mata.

Related Posts

Leave a Reply